PPID Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin

Kementerian Pertanian Republik Indonesia

PPID Balai Karantina Pertanian Kelas I Banjarmasin

Karantina Pertanian Banjarmasin Komitmen Tingkatkan Keterbukaan Informasi Publik




Banjarmasin (14/06) - Seperti biasanya, setiap hari Senin, Karantina Pertanian Banjarmasin mengawali rutinitas tugas dengan melaksanakan apel pagi. Dalam salah satu amanatnya, Kepala Karantina Pertanian Banjarmasin, drh. Nur Hartanto, MM, menekankan akan pentingnya keterbukaan informasi publik.

 
Dengan diberlakukannya UU Nomor 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka setiap jajaran birokrasi didorong untuk membuka akses dan layanan informasi yang lebih luas kepada publik, sehingga memberikan jaminan kepada masyarakat untuk memperoleh  informasi yang berkaitan dengan kepentingan publik, kecuali beberapa informasi tertentu yang dikecualikan.
 
“Tujuan keterbukaan informasi publik adalah memberikan jaminan kepada masyarakat untuk memperoleh informasi, sehingga badan publik wajib menyediakan informasi publik. Terlebih lagi, Pimpinan beserta jajaran struktural dan fungsional Karantina Pertanian Banjarmasin telah menandatangani dokumen Komitmen Keterbukaan Informasi Publik pada tanggal 20 Januari 2021 yang lalu,“ ujar Hartanto.
 
Nur Hartanto mengatakan, komitmen Karantina Pertanian Banjarmasin dalam pelayanan informasi publik tentunya sudah terlaksana, hal ini terbukti dengan dibentuknya Tim Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) yang berfungsi sebagai pengelola dan penyampaian dokumen yang dimiliki oleh badan publik.
 
Masyarakat dapat dengan mudah memperoleh informasi dengan datang langsung ke konter layanan informasi, atau diajukan secara daring dengan mengakses situs Karantina Pertanian Banjarmasin.